Gaya Pacaran Jadul vs Gaya Pacaran Masa Kini


Postingan gue kali ini mau ngebahas bedanya gaya pacaran jaman dulu dengan jaman kini. Yang dimaksud jaman dulu itu ya waktu jamannya orang tua kita yang pacaran dengan gaya pacaran mereka yang bakalan gue bandingin sama gaya pacaran era kita ini. Gue yakin sih kalo ngomongin gaya pacaran dulu sama sekarang jelas beda banget kalo dulu gaya pacarannya masih beretika tapi kaku beda dengan jaman sekarang yang enjoy tapi nggak beretika, menurut gue sih gitu. Nah di sini gue bakalan ngebahas lebih jauh lagi perbedaan-perbedaan apa aja yang bakalan gue angkat.

1.      Surat vs Sms/bbm dan Media Social
Pastinya yang udah kita tahu dulu belum ada yang namanya sms atau bahkan bbm apalagi media social kayak twitter, facebok, skype dll. Gimana mau internetan? Kan jaman dulu masih eranya mesin tik! Yang tiap baris kalo dah pengen habis harus di geser lagi. Yang namanya nulis surat itu nggak segampang nulis sms atau bbm, karena nulis surat intinya suma satu “harus bisa kebaca” coba kalo lo udah nulis surat capek-capek tapi nggak bisa kebaca sama pacar lo dan begitu surat balasan dari pacar lo dateng, isi suratnya cuma kayak gini “mas bisa ditulis ulang nggak surat yang kemaren? Soalnya nggak bisa kebaca sama aku” *minta tolong tetangga buat nulisin surat*
Itu baru nggak kebaca karena tulisannya jelek! Nah gimana kalo udah nulis surat tapi pake bahasa dan gaya penulisan alay?!! Misalnya kayak “ K4m03h D1 cH4n4 j9n n4k4l eeaahh :* ecup ch4yanK”
itu baru sepotong dari banyak potongan dari isi surat yang dikirim, nah gimana kalo ngebaca sampe abis?! Yah palingan pacar lo akan ngebales surat lo dengan tulisan “cukup mas! Aku dah nggak sanggup ngejalanin hubungan kita ini! Baru baca tulisan kamu aja dah bikin mata aku hampir nggak bisa kebuka lagi! Gimana kalo ketemu kamu nanti? Yang ada aku mati muda kali!”. Itu baru bahasa dan gaya penulisan alay, gimana kalo orang dulu sok-sok an nulis surat pake gaya penulisan autotext ya??? *nggak sanggup ngebayanginnya*

2.      Surat vs Video Call
Nah ni buat yang LDR, mungkin jaman dulu istilah LDR belum sepopuler sekarang dan jomblo pun belum sehina seperti sekarang dan istilah galau belum jadi gaya hidup anak muda jaman sekarang! Yang bikin beda LDR jaman dulu dengan sekarang yang jelas terasa gimana cara mereka menyiasati rasa rindu yang menggebu-gebu di dada untuk si pacar. Kalo yang pernah diceritain bokap gue, dulu cara mereka ngilangin rasa rindu ya hanya dengan nelpon dan juga kadang suka ngirim surat sama foto juga. Coba bandingin sama yang sekarang?! Kalo kangen lewat video call bisa malah udah ada aplikasi kayak skype yang bisa saling ngeliat satu sama lain. tapi ya gitu, tetep aja kalo nggak nelpon sehari ngambeknya sebulan. Coba lo bayangin orang dulu yang cuma bisa ngabarin pasangannya lewat telpon atau surat doang! Iya kalo itu surat nyampe, lah kalo pending gimana? Atau kalo salah alamat gimana? Sms aja kalo pending lama banget apalagi surat!!

3.      Dijodohin vs Pilihan Sendiri
Tau lagunya Dewa 19 yang judulnya Cukup Siti Nurbaya? Mungkin lagu itu cocok banget buat mereka yang masih mengenal istilah perjodohan. Bedanya kalo jaman dulu mereka yang dijodohkan karena pilihan orang tua sedangkan sekarang dijodohkan karena kesalahan sendiri a.k.a hamil duluan! Jadi mau nggak mau ya harus nikah, padahal belum tentu yang dihamili atau yang menghamili itu pilihan yang tepat buat jadi pendamping hidup. Kalo itu termasuk pilihan sendiri yang belum tepat beda dengan mereka yang udah ngejalin hubungan lama dan memilih untuk mengakhirinya dengan cara menikah. Tapi gue yakin sih sejalan dengan banyaknya jomblo masa kini dan semakin hinanya jomblo, perjodohan akan kembali meraja lela karena para jomblo lebih memilih dijodohin dari pada harus terhina seumur hidup karena nggak dapet-dapet pacar.

4.      Sepeda vs Motor/ Mobil
Mungkin jaman sekarang sepeda masih beredar luas dan masih di legalkan tapi apa masih ada anak muda jaman sekarang yang ke rumah pacarnya make sepeda?? Mungkin masih ada tapi apa masih ada yang mau ngajak jalan pacarnya make sepeda? Mungkin ada juga tapi cuma ada di FTV! Kenyataannya? Gue dah nggak pernah ngeliat hal kayak gitu lagi. Terakhir kali gue ngeliat ada cowok yang ngejemput pacarnya pulang sekolah naik sepeda waktu gue masih SMP tepatnya antara tahun 2001-2003 dah lama banget ya. Padahal menurut gue naik sepeda itu jauh lebih romantis ketimbang harus naik motor atau mobil sekalipun. Malahan kalo kata bokap gue orang dulu kalo pacaran jarang berantem di jalan itu karena mereka selalu menikmati suasana, dan waktu berdua mereka ditiap goesan sepedanya dengan penuh canda tawa :’)
Beda dengan jaman sekarang yang masih suka berantem walau dijalan karena yang dinikmatin bukan suasana maupun waktu berduanya tapi empuk enggaknya jok motor, dingin enggaknya AC mobil dan juga mahal enggaknya itu motor atau mobil yang lagi di pake!! :p

5.      Tempat Favorite
Tempat ketemuan atau tempat ngapel waktu jaman dulu jelas beda dengan jaman sekarang. Mungkin kalo dulu tempat paling enak buat ngabisin waktu seharian sama pacar ya di sawah sambil nikmatin pemandangan dan udara yang segar. Kalo jaman sekarang mungkin ada yang menghabiskan waktu seharian di taman tapi menurut gue sih jarang banget yang begitu. Paling cara anak muda ngabisin waktu seharian sama pacar ya kayak belanja, nonton, jalan-jalan atau malah bertapa bareng pacar di rumah saat rumah dalam keadaan kosong! Ah kalo itu sih namanya nabung anak buat masa depan #halah
Kalo bokap gue pernah cerita ke gue tempat favorite beliau kalo mau ketemuan sama nyokap. Dan tempatnya adalah di terminal!! Iya terminal! Bukan! bukan karena bokap gue kenek bis, supir bis atau penjual kopi! Tapi karena dulu bokap di jogja dan nyokap di solo dan kalo pergi mereka biasa naik bis jadi tempat yang mudah untuk diakses ya terminal bis deh.

Mungkin itu dulu hal-hal yang bisa gue bedain kalo dilihat dari gaya pacaran dulu vs gaya pacaran jaman sekarang. Walaupun dulu gaya pacarannya mungkin bisa dibilang kampungan, aneh dan norak tapi yang bisa kita ambil buat dijadiin pelajarannya ya orang dulu nggak secengeng dan nggak selenje anak jaman sekarang! Perjuangan buat mertahanin suatu hubungan itu besar banget dan banyak pengorbanannya beda dengan gaya pacaran jaman sekarang yang cuma bisa saling tuntut tapi nggak mau saling berkorban duluan.

cukup segini dulu postingan dari gue, jika kalian punya pengalaman atau menurut kalian ada lagi perbandingan gaya pacaran jaman dulu dengan sekarang kalian bisa komen di comment box ya :)

Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Thanks karena udah mau mampir untuk membaca tulisan-tulisan gue di sini. Thanks juga buat yang udah mau berkomentar di comment box ini. Grazie!

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.