Risalah 2016: Satu Mimpi Lagi yang Terealisasi!

Picture by http://www.blogs.hss.ed.ac.uk/
Mimpi apa yang sudah kamu realisasikan di tahun ini?

Mendekati penghujung tahun 2016 ini pasti banyak sekali hal yang sudah kita lalui. Mulai dari hal yang sudah kita rencanakan di awal sampai yang tak pernah terduga sebelumnya. Namun pastinya hanya beberapa hal yang begitu membekas di benak kita dan rasanya begitu berharga untuk sekedar dikenang. Seperti saya pribadi. Ada banyak hal yang sudah saya lalui di 2016, tapi ada beberapa hal yang sepatutnya saya abadikan lewat sebuah tulisan. Dan salah satu caranya adalah lewat tulisan ini.

Dan menyambung kegiatan tahun lalu, di tahun ini pun saya ingin mencatatkan lagi apa saja hal-hal yang sudah saya lalui. Setidaknya, risalah ini bisa menjadi acuan bagi saya pribadi atas pencapaian apa yang sudah saya raih di tahun ini. Atau bisa menjadi perbandingan seberapa hebat tahun ini bagi saya dibanding tahun sebelumnya (Risalah 2015 saya bisa dilihat di sini). Atau juga menjadi acuan bagi saya untuk bisa membuat tahun berikutnya menjadi lebih hebat daripada tahun ini.

Di tahun ini saya mendapatkan banyak warna baru dalam hidup saya, terutama saya mampu mewujudkan salah satu mimpi saya. Tapi bukan berarti di tahun ini saya tidak menemui kegagalan. Sejujurnya, masih ada rentetan kegagalan yang saya alami di tahun ini. Dan sebagaimana yang selalu saya sukai, yaitu mendengarkan hal yang kurang baik lebih dulu baru hal baik kemudian, maka di tulisan ini saya pun akan menuturkan lebih dulu apa saja hal buruk yang saya dapatkan di tahun 2016 ini.

1. Naskah Novel yang Masih Ditolak Penerbit Mayor
Lagi-lagi, salah satu mimpi terbesar saya belum mampu saya bangkitkan sehingga menjadi nyata di tahun ini. Naskah novel saya nampaknya masih harus mengendap lebih lama lagi di laptop saya dan masih belum akan dibaca oleh orang banyak. Karena naskah saya masih juga mendapatkan penolakan. Kali ini dari 2 penerbit mayor, yakni Alvabet dan Tiga Serangkai.
Namun, seolah saya sudah terbiasa dengan penolakan, hal itu tak membuat nyali saya ciut. Saat ini saya pun masih terus memperbaiki dan mengajukan naskah saya ke salah satu penerbit mayor. Semoga saja kali ini naskah saya dapat diterima meski sebetulnya saya pun tak berharap banyak. Hehe...

2. Naskah Cerpen yang Masih Ditolak Koran Minggu
Sama seperti nasib naskah novel saya, beberapa naskah cerpen saya sampai saat ini pun belum juga berhasil menembus Koran Minggu. Berbagai koran yang biasa menerima naskah cerpen belum bersedia menerima cerpen saya. Nampaknya saya masih harus bersabar dan lebih banyak belajar menulis lagi. Kendati pun cerpen-cerpen saya tidak diterima oleh banyak koran Minggu, kemungkinan saya akan kembali membukukannya lewat jalur indie.

3. Penjualan Buku Pribadi yang Belum Mencapai Target
Kenyataan memang tak selalu sesuai angan. Itulah yang saya alami di tahun 2016 ini. Kebahagiaan saya bisa menerbitkan buku secara indie tampaknya harus sedikit terganggu dengan target penjualan buku yang belum tercapai. Walaupun sebetulnya saya sendiri tidak terlalu memikirkan keuntungan dari setiap penjualan buku, karena target utama saya adalah karya saya bisa menyapa banyak orang. Namun, rasanya hal itu belum bisa terpenuhi di tahun ini. Semoga saja di tahun 2017 nanti buku saya dapat menyapa lebih banyak orang lagi.

4. Terpaksa Mengendapkan Banyak Naskah
Biasanya saya tidak pernah mengendapkan sebuah naskah novel lebih dari tiga bulan dan cerpen lebih dari seminggu. Tapi nampaknya di tahun ini saya terpaksa harus mengendapkan beberapa naskah saya melampaui batas itu. Yaaahhh... terlalu disibukkan oleh beberapa hal, mulai dari menyelesaikan projek sampai dengan kegiatan lain dan tentunya pekerjaan, maka saya terpaksa harus mengendapkan beberapa naskah saya. Namun saya sendiri sudah berjanji akan tetap menyelesaikan semua naskah itu. Karena prinsip saya adalah menyelesaikan apa yang sudah saya mulai.

5. Kurang Produktif Membaca Lebih Banyak Buku dan Menulis Lebih Banyak
Di tahun ini, entah mengapa, saya merasa terlalu kurang mendapatkan waktu luang. Sehingga saya sedikit lupa memberikan ruang untuk melakukan berbagai hal yang saya senangi, seperti membaca atau berlibur. Di tahun ini saja saya hanya berhasil membaca 15 buku dari target 20 buku. Dan lebih lagi saya tidak mampu menulis cerpen baru lebih dari 4 cerpen. Sungguh, saya merasakan kemerosotan drastis dalam dua hal ini dibandingkan tahun lalu. Di tahun depan, saya harus lebih produktif lagi!

6. Gagal Pergi Berlibur Bareng Geng Arisan
Ini salah satu momen yang cukup saya sesali di tahun ini. Gagal pergi berlibur bareng teman-teman dekat saya yang juga mengadakan arisan. Apalagi tujuan utama diadakannya arisan sendiri adalah demi menjaga tali silaturahim. Karena untuk uang arisan yang ditanggungkan kepada setiap orang pun tergolong kecil. Itulah kenapa saya cukup menyesali karena tidak bisa ikut pergi berlibur dengan mereka. Di sini saya merasa kehilangan salah satu momen seru dan kenangan yang pastinya bisa menjadi kenangan berharga di masa kelak.

Sepertinya itu beberapa hal kurang baik yang cukup banyak saya alami di 2016. Dan sekarang saatnya hal baik yang saya dapatkan di tahun 2016.

1. Mendapatkan (lagi) yang Serba Kali Pertama: Menyelesaikan Projek Ghostwriter, Mendapatkan Cinta, Melangsungkan Reuni Akbar SD & Menerbitkan Buku Fiksi!

Projek Ghoswriter
Ada salah satu projek menulis yang membuat saya senang sekaligus lega begitu berhasil menyelesaikannya, yakni projek Ghostwriter. Kenapa? Karena ini adalah projek yang murni saya motori sendiri dan saya garap bersama beberapa rekan saya. Dan jelas berbeda dari projek buku non-fiksi sebelumnya yang tidak lain adalah projek dari kantor. Apalagi klien saya ini mengaku sangat senang dan puas dengan hasilnya. Dan dengan ini saya pun sangat pede untuk mengatakan, bagi yang ingin membuat buku bisa langsung menghubungi saya hehehe....

Cinta Pertama dan Reuni Akbar SD Perdana

Dan yang tak kalah spesial, di tahun ini untuk kali pertama saya mendapatkan cinta pertama saya. Mungkin ini bukan hal yang penting atau terkesan norak bagi kalian, tapi bagaimanapun ini tetap menjadi hal spesial yang telah menjadi bagian dalam perjalanan hidup saya di tahun ini. Anyway, kita tidak pernah tahu kepada siapa kita akan dipertemukan dan jatuh cinta dibuatnya. Karena nyatanya saya sendiri dipertemukan oleh cinta pertama saya yang tidak lain teman sekelas adik saya sekaligus junior saya sewaktu SD. Haha...

Yang membuat cinta pertama ini lebih spesial lagi adalah karena kami dipertemukan dalam persiapan mengadakan acara reuni akbar SD perdana. Bagi yang belum tahu, saya sendiri alumni SD Bani Saleh 4 Bekasi. Dan yang membuat acara ini spesial adalah ini merupakan acara reuni akbar perdana yang diadakan oleh SD. Ditambah kami sebagai panitia mampu mendatangkan lagi guru-guru yang sudah tidak lagi mengajar di SD Bani Saleh 4 untuk menghadiri acara tersebut.

Menerbitkan Buku Fiksi Pertama
Nah, kalau ini hal yang tak kalah spesial dalam hidup saya. Mariana adalah buku fiksi pertama saya yang merupakan kumpulan cerita pendek. Tema yang saya ambil tidak lain adalah kekerasan, cinta dan seks. Dan yang perlu digarisbawahi, kisah cinta yang saya sajikan di buku ini tidak melulu mendayu-dayu dan kelewat berelegi.

Yaahh... sekalipun masih lewat jalur indie di mana saya yang mengerjakan semuanya sendiri dan menggunakan modal pribadi, tapi paling tidak saya berhasil merealisasikan secuil impian saya, yakni menerbitkan buku fiksi sendiri. Kebahagiaan saya atas terbitnya buku saya ini pun sudah saya tuangkan di postingan saya di sini: Buku Fiksi Pertama dan Impian yang Terwujud

Dan bagi yang penasaran bisa langsung memesan buku saya di sini: Indiebook.com

Oh, iya, bagi yang sudah membacanya juga bisa langsung mengulas dan memberikan bintang di Good Reads lho: goodreads.com

2. Dituliskan Resensi Buku oleh Salah Satu Cerpenis Hebat Indonesia
Ini juga menjadi hal spesial yang terjadi dalam hidup saya di tahun 2016. Buku saya, yang tak seberapa bagus itu, resensi perdananya ditulis oleh salah seorang cerpenis berbakat, yaitu mas Aris Kurniawan. Entah apa yang harus saya ucapkan selain bersyukur atas pertemuan saya dengan mas Aris yang bisa dibilang secara tak sengaja terjadi ketika tengah menginap di Ritz-Carlton, Nusa Dua, Bali di 2015 dalam rangka memenuhi undangan ulang tahun Epson.

Selain menuliskan resensi, mas Aris Kurniawan juga sudi memberikan sedikit endoresement untuk buku saya, yang tanpa ragu langsung saya letakan di cover belakang buku saya. Mas Aris juga sudi mengoreksi beberapa cerpen saya yang pastinya membuat saya dapat lebih banyak belajar lagi. Untuk yang mau membaca resensi buku saya bisa dilihat di sini: belagaresensi.blogspot.com

Oke, itu tadi adalah catatan juga pencapaian di tahun 2016 bagi saya. Kalau kamu bagaimana? Sperti apa tahun 2016 kamu? Pencapaian apa yang sudah kamu raih? Komen ya di kolom komentar. :))

Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

9 Responses to Risalah 2016: Satu Mimpi Lagi yang Terealisasi!

  1. Waaah pencapaiannya keren :)
    Pencapaian di 2016 saya apa ya? Naik kelas, hehe. Mungkin itu yang paling besar :D

    BalasHapus
  2. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus
  3. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus
  4. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus
  5. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus

  6. Ebobet merupakan situs slot online via deposit pulsa aman dan terpercaya, Dengan menggunakan Satu User ID bisa bermain semua game dari Bola, Live Casino, Slot online, tembak ikan, poker, domino dan masih banyak yang lain.

    Sangat banyak bonus yang tersedia di ebobet di antaranya :
    Bonus yang tersedia saat ini
    Bonus new member Sportbook 100%
    Bonus new member Slot 100%
    Bonus new member Slot 50%
    Bonus new member ALL Game 20%
    Bonus Setiap hari 10%
    Bonus Setiap kali 3%
    Bonus mingguan Cashback 5%-10%
    Bonus Mingguan Rollingan Live Casino 1%
    Bonus bulanan sampai Ratusan Juta
    Bonus Referral
    Minimal deposit hanya 10ribu

    BalasHapus
  7. Ingin Dapat Jutaan Rupiah Setiap Harinya Dengan Mudah 🙂
    Gabung Sekarang Juga Dengan Situs Poker Online 100% Terpercaya 🙂 Cs Cantik Dan Ramah Siap Membantu 🙂

    Silahkan Kunjungi Link Kami : legendaq(dot)net
    Tunggu Apa Lagi Guyss...!!!!
    Gabung Sekarang Juga ^^

    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - WA : +62 812-8132-8864
    - Line : Legendaqq
    - Twitter : @JessicawijayaL

    Link alternatif :
    - www.legendaq(dot)com
    - www.legendaq(dot)net
    - www.legendaq(dot)info

    #legendaqq #rajaqq #indoqq #dewapoker #dewaqq #asikqq #ituqq #ahliqq #maindomino99 #aslidomino #ratuqq #bandarq #aduq #domino99 #corona #judiuangasli #perangbaccarat #bandarpoker #capsasusun #bandarqonline #sakong #bandar66 #akunpro #withdraw

    BalasHapus
  8. Raih Peluang Besar Mendapatkan Penghasilan
    Yang Nyata Hanya Di Pelangi Capsa
    Bisa DM di Sini Juga
    Untuk Info Selanjutnya WA: +6281267151623
    #bandarpoker #capsasusun #pelangi99 #pkvgames #depopulsa #bandarq #aduq #dominoqq #bandar66 #sakong #poker #perangbaccarat #bandarpoker99_ #videoviral #bandung #makassar #manado #samarinda #papua #aceh #jambi #jakarta #abouttngraya #abouttng #tangerangraya #tangeranginfo #infotangerang #kotatangerang #kabupatentangerang #tangerangselatan #tangsel #exploretangerang #beritatangerang #tangerangterkini #banten #tangerangviral #tangerangterkini

    BalasHapus
  9. Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!

    ✅ BONUS TURN OVER 0.3%
    ✅ BONUS REFFERAL 15%
    ✅ WIN RATE GAME 96,9%
    ✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
    ✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
    ✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
    ✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK

    Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
    Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
    Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
    WHATSAPP +62 821-4331-1663

    Link Alternatif :
    - www.vipmario55. net
    - www.vipmario55. org

    BalasHapus

Thanks karena udah mau mampir untuk membaca tulisan-tulisan gue di sini. Thanks juga buat yang udah mau berkomentar di comment box ini. Grazie!

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.