Perlu Enggak Sih Mengubah Diri Sendiri?

Ada yang pernah merasa kalau perlu banget buat ngerubah diri jadi beda atau lebih baik dari sebelumnya? Entah itu tentang mengubah kepribadian, penampilan, atau sifat kita? Mungkin sebagian dari kita ada yang ngerasa perlu banget buat ngerubah diri jadi lebih beda dari sebelumnya. Biasanya sih orang yang kayak gitu ciri-ciri orang yang masih peduli sama dirinya sendiri dan termasuk salah satu contoh orang yang suka menerima saran dan masukan dari orang lain. Loh? Terus kalau yang cuek dan ngerasa nggak ada yang perlu untuk diubah dari hidupnya, berarti dia termasuk orang yang nggak peduli sama dirinya sendiri dong? Atau nggak bisa nerima saran dan masukan dari orang lain? Eits! Tunggu dulu! Emang ada orang yang cuek kayak gitu, tapi bukan berarti dia termasuk orang yang nggak peduli sama sekali dengan dirinya sendiri atau nggak suka nerima saran dan masukan dari orang lain. Dia Cuma belum menemukan alasan untuk merubah dirinya.

Ah, gimana sih?! Masih bingung deh! Oke. Oke. Gue bakal jelasin maksud ucapan gue tadi. Simplenya sih gini ada orang yang rela untuk bener-bener ngerombak dirinya sendiri. Dimulai dari kepribadiannya yang tadinya dianggap agak ngeganggu, sifatnya yang nggak disukain orang-orang, atau penampilannya yang dianggap nggak banget untuk dilihat. Nah! Udah agak ngerti belum? Masih belum? Oke gue akan lanjutin. Jadi kali ini gue mau ngomongin tentang beberapa alasan orang ingin atau rela merubah dirinya untuk berbeda dari sebelumnya. Terus dari alasan-alasan yang gue tulis ini kalian jadi bisa menyimpulkan sendiri apakah penting untuk merubah diri atau nggak. Nah jadi sekarang silahkan baca deh ya! Cekidot!


  1. Karena Cinta
Kalo untuk alasan yang satu ini gue yakin banyak yang pernah ngalamin. Nggak usah sok munafik atau sok menyangkal. Gue yakin kita semua pasti pengin banget dianggap wah tiap kali di depan orang yang kita suka. Karena itulah alasan kita mau ngerubah diri kita jadi beda dari sebelumnya. Misalnya, lu biasanya cuma mandi sehari sekali, itu juga kalau lagi inget sama kalau lagi abis dimarahin nyokap karena udah nyebarin aroma khas Bantar Gebang di dalam rumah. Terus lu juga jarang banget pake deodorant, sampe-sampe bikin temen-temen lu harus make masker ala densus 88 yang mau ngelakuin penggerebekan cuma buat mau ngobrol sama lu doang. Gue yakin hal itu pasti ngeganggu banget buat yang orang-orang di sekitar lu, tapi karena lu ngerasa fine-fine aja, ya jadinya elo nganggep kalo hal itu adalah hal yang biasa. Tapi tiba-tiba lu jadi rajin mandi sehari jadi tiga kali, udah kayak minum obat penurun panas. Lu mulai rajin pake parfum dan deodorant tiap kali lu mau pergi atau mau tidur. Lu ngelakuin itu karena lu suka sama seseorang yang suka banget sama hal-hal yang bersih dan berbau wangi. Makanya itu lu mulai ngerombak diri lu jadi lebih beda dari sebelumnya supaya lu bisa menarik perhatian dia dan bisa ngedeketin dia. Sifat-sifat lu pun lambat laun berubah, dari yang pemalas jadi rajin, dari yang cuek jadi super perhatian, dan dari yang jorok jadi super bersih. Pokoknya berubah 180 derajat deh! Pernah ngerasain hal kayak gitu?

Nah! Itu namanya lu berubah karena cinta. Karena lu mau masuk jadi kriteria cowok/cewek idaman doi makannya lu bener-bener merubah diri lu jadi berbeda dari sebelumnya.

Terus salah nggak sih kayak gitu?
Menurut gue sih, hal kayak gitu nggak bisa dibilang salah atau nggak salah-salah amat. Halah apasih?! Buat gue sih, kalau lu merasa enjoy dan jadi nyaman banget sama diri lu yang baru, berarti itu adalah hal yang benar buat lu. Taunya kita enjoy gimana? Ya dicoba dulu atuh. Seminggu, dua minggu, atau sebulan, dua bulan. Kalau lu enjoy ya lu lanjut. Tapi kalau lu nggak enjoy ya mending lu stop aja. Kok harus di stop? Kenapa? Kan itu buat kebaikan kita juga? Nah! Ini yang kadang salah diasumsikan oleh para manusia yang sedang jatuh cinta. Untuk sebuah takaran yang baik atau buruk untuk diri kita, ya kita sendiri yang bisa tahu dan paham. Orang lain cuma bisa menilai dan melihat doang!

Misalnya nih ya, elu adalah cewek/cowok yang suka nonton layar tancep. Pokoknya seminggu sekali lu harus nonton layar tancep. Kalo nggak nonton, bisa-bisa lu bakal meriang selama 3 hari 3 malam. Terus lu punya gebetan yang suka nonton opera. Karena lu mau dibilang keren, punya selera tinggi yang sama kayak doi, akhirnya kebiasaan lu untuk nonton layar tancep lu ubah ke nonton opera. Alhasil? Tiap abis nonton opera lu selalu muntaber, dicentri, sampe kejang-kejang sambil khayang di genteng. Itu karena efek dari nonton opera yang nggak bagus untuk pertumbuhan otak dan jiwa lu.

Nah, dari contoh di atas lu semua jadi ngerti kan? Semoga lu ngerti ya! Jadi pada intinya lu harus bisa lebih memilah-milah, kira-kira mana hal yang emang bisa membuat kita jadi lebih baik dari sebelumnya. Terutama yang benar-benar baik buat diri lu sendiri. Hal mana yang bisa membuat kita emang jadi disukai banyak orang atau disukai doi, tapi masih dalam konteks KITA yang masih enjoy dengan diri kita sendiri. Lagipula kalau seandainya lu maksa ngerubah diri lu demi orang yang lu suka, dan kemudian orang yang lu suka itu pergi ninggalin lu, apa lu akan masih mau berada di perubahan diri lu yang sekarang atau bakal balik lagi ke diri lu saat belum mengenal doi? Itulah yang harus lu pikirin sebelum bertindak untuk merubah diri lu jadi lebih beda dari sebelumnya. Lagian kan Tuhan emang nyiptain kita dari awal dengan kepribadian, sifat, dan fisik yang berbeda-beda.

Jadi pesan gue adalah Berubahlah karena keinginan hati bukan karena tuntutan cinta karena cinta nggak pernah menuntut.

2. Karena teman dan lingkungan
Nah, kalau ini adaah salah satu alasan dari orang yang bisa dibilang sangat peduli dengan penilaian orang lain terhadap dirinya. Dimulai dari penampilannya sampai gaya jalannya. Pokoknya dia bakal berubah sesuai dengan lingkungan dan temannya saat ini. Biasanya orang-orang tipe kayak gini tuh orang yang selalu mau diterima di manapun dia berada. Loh? Berarti orang kayak gini fleksibel dan mudah bergaul dong? Iya sih... kalau disamain sama hewan bisa dibilang mirip bunglon. Bisa menyesuaikan warna sesuai tempat dan lingkungannya berada. Baik sih emang, tapi apa lu udah tahu gimana diri lu yang sebenernya? Gimana style lu yang sebenernya? Dan gimana kepribadian lu yang sebenernya? Gimana lu bisa tahu tentang siapa lu yang sebenernya kalau lu aja masih gampang berubah warna dan kebawa arus? Ya, intinya sih sama kayak yang udah gue tulis di atas sebelumnya. Lu harus bisa memilah-milah mana yang terbaik buat lu. Bukannya teman yang baik itu adalah teman yang bisa nerima kita apa adanya? Teman yang bisa enjoy dengan keadaan kita yang apa adanya? Dan teman yang selalu ada untuk berbagi duka dan suka?

Terus untuk lingkungan? Ya kalau lu ngerasa nggak cocok dengan lingkungan lu, kan lu bisa pergi dan cari lingkungan yang baru. Tahu kan kalau di Indonesia ini banyak ragam suku dan budaya? Jadi buat apa bingung dan mentok untuk bergaul hanya di satu lingkungan aja? Ayolah, buka mata dan hati lu karena hidup lu itu ya dikendalikan sama diri lu sendiri.

3. Karena Keinginan Diri Sendiri
Oke. Untuk yang ketiga ini gue rasa alasan yang jauh lebih baik dari dua alasan sebelumnya yang udah gue tulis di atas. Kenapa lebih baik? Karena orang yang menggunakan alasan seperti ini benar-benar sudah sadar secara jiwa, pikiran, dan hati kalo dia emang perlu merubah dirinya menjadi lebih beda dari sebelumnya. Atau merubah dirinya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tapi kalo boleh jujur, kayaknya bakalan jarang banget nemu orang yang mau berubah karena keingiannya sendiri sebelum dia dapet hidayah. Hahaha! Just kidding!

Tapi mau bagaimanapun namanya berubah ke tahap yang lebih baik adalah pilihan yang tepat untuk diri sendiri. Tapi ya tetep harus pinter-pinter.


Oke. Kayaknya segitu aja yang mau gue sampaikan ke kalian yang membaca postingan gue kali ini. Sori kalau ada yang menyinggung atau nggak sependapat sama gue karena gue emang menyampaikan berdasarkan opini dan sudut pandang gue. Inget! OPINI dan SUDUT PANDANG GUE. Jadi kalau ada yang nggak setuju atau kurang setuju, kalian bisa kok comment di comment box yang tersedia. Tapi inget ya, dengan bahasa dan kata-kata yang sopan. Thanks! ;)

Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Perlu Enggak Sih Mengubah Diri Sendiri?

Thanks karena udah mau mampir untuk membaca tulisan-tulisan gue di sini. Thanks juga buat yang udah mau berkomentar di comment box ini. Grazie!

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.