Track Air Terjun Surya Kencana

Buat para pendaki pasti udah gak asing lagi dengan nama “Surya Kencana”. Yap nama seorang pangeran yang dijadikan sebagai nama alun-alun di Gunung Gede-Pangrango. Tapi kali ini gue bukan membahas tentang gunung Gede-Pangrango ataupun alun-alun Surya Kencana. Kali ini gue mau ngebahas tentang air terjun yang ada di daerah Sukamantri Bogor yang berada di kaki gunung Salak. Air terjun tersebut bernama air terjun Surya Kencana, untuk awal sejarahnya mengapa diberikan nama itu, gue pun masih belum tahu, mungkin teman sekalian yang tahu bisa memberikan tambahan informasi di comment box yang tersedia. Konon air terjun ini juga tak kalah mistis dengan alun-alun Surya Kencana yang ada di Gunung Gede – Pangrango. Di malam tertentu akan terdengan suara tapak kuda beserta suara kereta kudanya yang melintas di daerah camping ground Sukamantri, kalo kata penjaga setempat yang pernah melihat penampakan itu disinyalir adalah pangeran Surya Kencana yang ingin datang ke air terjun di daerah tersebut.
Oke itu kalo dilihat dari sisi mistisnya, nah postingan gue kali ini mau berbagi pengalaman dan informasi tentang petualangan yang bisa kalian dapat untuk menuju air terjun tersebut. Oke, yang pertama adalah jalan setapak, yap kita harus melewati jalan setapak yang memang hanya bisa dilalui satu orang dengan kondisi sebelah kanan adalah tembok tanah dan hutan dan disebelah kiri tak jarang kita temui jurang yang terjal. Jadi disarankan untuk ekstra hati-hati dalam melangkah apalagi waktu itu temen gue ada yang pernah menginjak tanah yang labil.
Jalan setapak menuju air terjun

Lalu setelah itu kita akan berjumpa dengan track yang berbatu dan berlumut, nah di sini harus lebih berhati-hati lagi karena track ini dpenuhi oleh batu-batu yang cukup besar dan berlumut layaknya batu kali yang berada di aliran sungai. Setelah melewati bebatuan tersebut kita akan bertemu dengan aliran dari air terjun Surya Kencana itu. 

track berbatu dan licin
Tapi gue mau minta ma’af sebelumnya, karena peralatan yang kurang disiapkan dan jalan lama yang tertutup, gue dan temen-temen gue hanya sanggup sampai di bawah anak dari air terjun tersebut padahal tak jauh dari sana kita sudah bisa melihat air terjun Surya Kencana. Karena beberapa kendala seperti track yang licin dan terjal serta jalan sebelumnya yang lebih mudah sudah tertutup pohon yang tumbang, kami harus menyudahi petualangan kami dulu. Tapi untuk kalian yang ingin bertpetualang, gue rasa tempat ini cukup meyakinkan tapi kalian tentunya harus membawa perlengkapan yang lengkap dan harus berpakaian safety seperti menggunakan sepatu gunung.
aliran air dari air terjun

track yang harus dilewati sebelum ke air terjun

track yang dipenuhi aliran air dari air terjun


Sekian dulu postingan gue kali ini semoga bisa bermanfaat buat kalian yang suka berpetualang. dan terima kasih untuk yang sudah membaca postingan gue kali ini

Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Track Air Terjun Surya Kencana

Thanks karena udah mau mampir untuk membaca tulisan-tulisan gue di sini. Thanks juga buat yang udah mau berkomentar di comment box ini. Grazie!

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.